News - 08 August 2018

IEF: Menumbuhkan Budaya Inovatif

Opening Address Shoeb Kagda, Founder Indonesia Economic Forum, at Indonesia Economic Forum, Palembang, 2 August 2018

SUMATERA Selatan adalah salah satu wilayah paling potensial menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia di luar Pulau Jawa. Atas dasar itu, Indonesia Economic Forum (IEF) memilih Sumatera Selatan sebagai provinsi pertama dari serangkaian seminar di berbagai kota di Indonesia. Pendiri IEF, Shoeb Kagda mengatakan, tujuan diadakannya diskusi panel yang melibatkan banyak pihak tersebut, adalah untuk menumbuhkan budaya inovatif di kalangan pelaku dunia usaha.   

“IEF adalah lembaga yang menjalin kerja sama dengan para kepala daerah, pelaku bisnis, pengusaha, akademisi, dan kaum muda. Mendorong semua lapisan untuk lebih inovatif dalam menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru. Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan muncul perusahaan-perusahaan baru yang inovatif dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Kami menantikan munculnya ‘unicorn-unicorn’ baru dari Sumatera Selatan,” kata Shoeb.

Sumatera Selatan tercatat sebagai salah satu provinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat dalam lima tahun terakhir. Bahkan, dalam dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan lebih tinggi dibanding Indonesia secara keseluruhan. Kini tantangan yang dihadapi Sumatera Selatan, khususnya Palembang adalah bagaimana menjaga kesinambungan tingkat pertumbuhan itu serta meningkatkan daya saing bisnis. Mengacu pada data yang dilansir olah Badan Pusat Statistik (BPS), Sumatera Selatan berada di posisi ke-14 dengan pendapatan US$27,8 miliar per tahun.  Tapi dengan pembangunan infrastruktur dan perluasan ekonomi lokal, provinsi ini sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatannya. 

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) BPD Sumsel, Alvaro Akbar berpendapat, kaum muda yang merupakan generasi millenial, khususnya di Sumatera Selatan, harus mengambil bagian dan menjadi penggerak pembangunan.

“Sudah banyak pengusaha yang sukses, baik di dunia usaha maupun birokrasi. Saya sebagai Ketua Umum HIPMI Sumsel mengajak kaum muda untuk mulai berbisnis. Jangan ragu lagi jadi pengusaha,” kata Alfaro.

Pembangunan infrastruktur yang digalakkan pemerintah provinsi saat ini, kata Alfaro, sudah tepat dalam mendorong dunia usaha di Sumatera Selatan. Keberadaan infrastruktur yang lebih baik sangat membantu dunia usaha dalam melakukan aktivitasnya.